Inilah Cara Riset Keyword Untuk Artikel Dengan Mudah

Inilah Cara Riset Keyword Untuk Artikel Dengan Mudah

Sebagai pemula terkadang masih bingung bagaimana cara riset keyword agar menjadi artikel yang SEO friendly. Keyword atau kata kunci merupakan kata atau kalimat yang digunakan untuk mencari pembahasan di mesin pencari. Kata kunci inilah yang akan menjadi gagasan pokok dalam pembuatan artikel.

Kata kunci ini juga yang akan membantu artikel berada pada daftar teratas di mesin pencari. Agar Anda dapat memenuhi target pengunjung pada artikel Anda, gunakanlah kata kunci yang tepat pada artikel Anda. Agar mendapatkan volume pencarian yang banyak, Anda memerlukan kecermatan dalam meriset keyword.

Jadi, kegunaan dari riset keyword ini adalah membantu artikel yang Anda tulis berada pada daftar teratas di mesin pencari dengan persaingan yang sedikit. Apabila artikel yang Anda tulis berada diperingkat teratas, tentu akan banyak audiens yang membuka artikel Anda. Langsung saja, kami akan mengulaskan cara riset keyword di bawah ini.

Dapatkan Volume Pencarian

Agar Anda mendapatkan volume pencarian yang tepat, di internet ada beberapa situs untuk mengecek keyword, Anda bisa mengunakan tools gratis seperti Google Sugest atau tools yang lainnya. Anda juga bisa menggunakan tools premium apabila Anda menginginkan fasilitas yang lebih lengkap.

Hasil volume pencarian yang ditampilkan pada situs biasanya dalam kurun waktu tertentu. Pada umumnya keyword tools akan memunculkan pencarian keyword dalam satu bulan terakhir. Misalkan, volume pencarian sebuah keywoard menunjukkan angka 33.000. artinya keyword tersebut dicari sebanyak 33.000 kali dalam waktu satu bulan.

Perhatikan Trendnya

Anda harus paham bahwa beberapa kata kunci bersifat musiman. Misalnya berita, topik pembahasan pada berita biasanya musiman, ada masanya dia populer, tetapi bisa menurun drastis saat topik meredup. Lebih baik Anda tidak menggunakan kata kunci yang musiman, kecuali jika Anda memang memfokuskan pada artikel musiman.

Anda tentu bisa memperkirakan mana topik yang abadi atau musiman. Topik yang sifatnya abadi bisa seperti manfaat buah alpukat, cara merawat kulit, dan lain sebagainya. Topik yang sifatnya musiman bisa seperti gosip, berita viral, dan sebagainya. Untuk mendapatkan topik musiman Anda bisa lihat melalui trending di media sosial.

Tingkat Kesulitan Keyword (Keyword Difficulty)

Cara riset keyword ini yang paling penting untuk mendapatkan posisi pertama pada hasil pencarian. Keyword difficulty menunjukkan tingkat kesulitan kata kunci untuk berada di posisi pertama hasil pencarian. Umumnya, keyword tool menggunakan skala 0-100, angkat ini menggambarkan tingkat kesulitan keyword muncul di halaman teratas.

Agar artikel Anda bisa berada pada posisi pertama pada hasil pencarian, keyword difficulty juga memperlihatkan beberapa backlink yang Anda butuhkan. Backlink biasanya berbentuk keyword dengan isi hyperlink yang mengarahkan ke halaman atau website tertentu. Biasanya semakin tinggi angka semakin banyak backlink yang Anda butuhkan.

Keyword Suggestion

Keyword suggestion adalah saran keyword yang berkaitan dengan kata kunci yang Anda cari. Misalnya, Anda melakukan pencarian “cara menurunkan berat badan”, keyword tool akan memberikan saran kata kunci seperti “cara alami menurunkan berat badan” atau “cara alami menurunkan berat badan tanpa obat”.

Biasanya keyword tool akan memberikan saran ‘long tail keyword’ yaitu kata kunci yang mengandung tiga kata kunci atau lebih seperti contoh yang kami berikan. Dari fitur keyword suggestion ini Anda akan mendapatkan banyak saran long tail keyword yang cocok untuk website atau blog Anda.

Agar Anda dapat menarik lebih banyak audiens, Anda disarankan untuk menggunakan long tail keyword. Karena 70% hasil pencarian di Google terdiri dari long tail keyword. Oke, itulah beberapa tips yang bisa kami berikan. Semoga Anda bisa memahami cara riset keyword yang kami berikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *