5 Tips Merawat Baterai Smartphone agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

5 Tips Merawat Baterai Smartphone agar Tetap Awet dan Tidak Mudah Rusak

Tips merawat baterai Smartphone agar tetap awet dan tidak mudah rusak yang bisa Anda coba. Saat ini penggunaan baterai tanam sudah banyak digunakan karena dianggap lebih awet dibandingkan dengan baterai yang bisa dilepas. Selain dianggap lebih awet, penggunaan baterai tanam juga relatif lebih praktis sehingga kebanyakan smartphone dengan model baterai seperti ini memiliki body yang lebih ramping.

Dengan penggunaan baterai tanam pula produsen juga bisa membuat smartphone yang lebih kokoh. Tetapi dibalik kelebihannya ada satu kekurangan utama penggunaan smartphone yang memiliki baterai tanam, salah satunya adalah jika baterainya rusak maka akan sedikit sulit untuk menggantinya.

Untuk itu merawat baterai non removable atau tanam sangat penting sekali.
Jika ingin baterai tanam di Smartphone anda menjadi lebih awet ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut beberapa tips merawat baterai tanam yang perlu Anda ketahui:

1. Gunakan charger asli

Salah satu hal yang paling penting untuk menjaga agar baterai tanam smartphone anda tetap awet adalah dengan menggunakan charger orisinil. Charger yang asli atau bawaan biasanya memang sudah disesuaikan sehingga mampu mengisi daya baterai dengan maksimal. Hal ini tentunya sangat berperan penting dalam membuat baterai anda menjadi lebih awet dan tidak mudah rusak.

2. Jangan lupa untuk mengecek temperatur baterai anda

Mengecek temperatur baterai smartphone ternyata sangat penting untuk menghindari kerusakan. Baterai smartphone harus berada di dalam suhu normal atau suhu kamar yang berkisar antara 18 hingga 35 derajat Celcius. Jika suhunya terlalu panas maka biasanya kapasitas baterai akan mengalami pengurangan. Hal ini tentunya akan membuat baterai anda menjadi lebih mudah habis.

3. Matikan smartphone Anda saat mengisi daya

Mematikan smartphone saat mengisi daya bukan hanya membantu mempercepat proses charging tetapi juga akan membuat baterai Anda relatif lebih awet. Menggunakan smartphone saat melakukan charging bisa menaikkan temperatur baterai sehingga membuatnya menjadi lebih panas. Tentunya hal ini akan berakibat kurang baik untuk ketahanan baterai Smartphone anda.

4. Isi penuh baterai Smartphone Anda saat melakukan charging

Meskipun sebenarnya ini tidak wajib tetapi usahakan saat melakukan charging pada smartphone pastikan sudah mencapai 100% sebelum mencabutnya. Jadi kalau tidak terpaksa sekali usahakan untuk tidak menghentikan proses charging saat sebelum mencapai 100%.

5. Kurangi penggunaan aplikasi yang tidak perlu

Salah satu tips merawat baterai tanam yang tidak kalah penting adalah dengan mengurangi aplikasi yang tidak begitu diperlukan. Jika anda merasa ada banyak aplikasi yang sudah tidak digunakan sebaiknya uninstall saja. Terlalu banyak memasang aplikasi di dalam smartphone ternyata bisa berdampak kurang baik untuk baterai.

Beberapa aplikasi ternyata bisa berjalan di latar belakang meskipun anda tidak membukanya. Efeknya daya baterai Anda sedikit demi sedikit akan berkurang akibat terlalu panas karena banyak memproses aplikasi.

Demikian tadi beberapa langkah sederhana yang bisa anda praktekkan untuk merawat baterai Smartphone Anda agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Semoga informasi diatas bisa berguna bagi anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *